Kamis, 08 Desember 2016

Langkah-langkah membersihkan gitar elektrik

Buat kamu yang baru mengenal gitar dan baru saja beli gitar pastinya belum memahami bahwa gitar yang begitu kuatnya bisa rusak hanya karena masalah-masalah sepele seperti keringat dan cara menyimpan gitar yang kurang tepat, apalagi jika yang kamu beli adalah gitar elektik yang notabene perlu perawatan lebih instens. Tapi tidak perlu merasa rendah diri akan minimnya pengetahuan menganai perawatn gitar, sebab hampir semua pemula juga mengalami ini.

Mencegak gitar dari unsur-unsur yang dapat merusak adalah salah satu hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk gitar elektrikmu. Pembersihan merupakan aspek terpenting dalam perawatan gitar. Jangan sampai kamu membiarkan terlalu banyak kotoran berada didalam gitarmu. Ada banyak produk pembersih di toko musik yang bisa kamu gunakan untuk menjaga gitar tetap cantik.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika membersihkan bagian yang berbeda dari gitar elektrikmu:

a.      Body

Body adalah bagian terpenting yang harus selalu tampak sempurna. Bagi saya pembersih terbaik untuk body gitar adalah Meths (Methlyated Spirits), karena ini zat ini adalah yang paling sempurna untuk degreasing, pembersihan, dan tidak meninggalkan residu di permukaan. Kamu hanya perlu menggunakan jumlah yang sangat kecil, dan usap langsung dengan kain kering. cleaner lain yang baik adalah Dunlop 65 polish & clean, harganya murah namun hasilnya luar biasa besih.

b.      Strings

String seiring beranjaknya waktu jika tidak rajin dibersihkan akan penuh dengan tumpukan debu dan minya yang mempengaruhi nada dan kualitas. String harus dilap dengan sesuatu seperti kain mikro-serat setelah digunakan, tetapi jika benar-benar kotor kamu mungkin harus segera menggantinya.

c.       Papan fret / Neck

Papan Fret adalah bagian paling rumit dari gitar, karena itu pula sulit dibersihkan. Neck sangat rentan terhadap kekeringan, sehingga kamu tidak bisa sembarangan memilih produk pembersihkan. Minyak lemon sangat sempurna untuk bagian gitar yang satu ini.

http://id.yamaha.com/id/music_education/courses/teens_and_adults/guitar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar