Kamis, 08 Desember 2016

Tips belajar gitar untuk kamu yang memilih belajar otodidak

Saat keinginan menjadi gitaris hebat begitu menggebu namun dana yang ada hanya cukup untuk beli gitar, tidak bisa menyewa seorang ahli maka pilihan belajar mandiri atau otodidak pasti terbersit dalam kepala. Orang sering memandang sebelah mata, menyepelekan mereka yang memilih jalan otodidak.

Padahal kamu yang belajar sendiri dirumah juga punya kesempatan yang sama dalam menuai sukses di industri musik, selama latihan yang dijalani tepat. Latihan itulah yang menjadi dasar keberhasilan kamu nanti, sehingga jika ingin serius kamu harus terlebih dulu membentuk pola latihan.

Saya akan sedikit memberikan tips belajar gitar secara otodidak dibawah ini, semoga bermanfaat:

a.      Jangan menyepelekan postur hanya karena ingin tampil keren

Bermain baik dimulai dengan memperhatikan dasar-dasar. Dan tidak ada yang lebih mendasar daripada bagaimana caramu memegang gitar, apakah memainkannya sembari duduk atau berdiri. Setiap kali mengalami kesulitan bermain akord atau membuat peralihan dari satu akord ke yang lain berarti ada yang salah dengan postur bermainmu. Postur bermain gitar terbaik adalah dengan duduk atau berdiri tegak

b.      Jangan biarkan ibu jari menjadi bos bagi jari lainnya

Kunci memainkan string dengan cepat dan dari adalah dengan menjaga ujung jari agar tetap diatas string. Postur yang baik dan posisi yang baik akan membantu kamu mengontrol pergerakan jari. Pastikan ibu jari hanya bergerak disekitar leher gitar agar permainanmu terdengar lebih bersih

c.       Petiklah dengan pergelangan tangan, bukan seluruh lengan

Rahasia permainan gitar yang baik itu terdapat pada penjagaan irama serta permainan yang stabil.Tapi kebanyakan pemula, terutama mereka yang hanya melihat gitaris lewat video, berpikir bahwa memetik melibatkan jumlah energi yang luar biasa sehingga saat bermain mengerahkan seluruh kekuatan lengan.

Padahal memetik gitar itu dengan pergelangan tangan, hanya sedikit membutuhkan gerakan lengan. Banyak pemula juga berusaha untuk memtik string setiap kali bermain padahal teknik ini tidak cocok untuk beberapa jenis musik. Memetik tanpa belajar irama yang stabil tak akan mengubah apapun.

http://id.yamaha.com/id/music_education/courses/teens_and_adults/guitar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar